Jenis Dan Fungsi Pelampung Pancing

umpankilogebrusan.com,- Pembahasan kali ini mengenai jenis dan fungsi pelampung pancing. Dimana artikel ini sangat bermanfaat untuk Anda pemancing pemula yang harus mengetahui dasar – dasar mengenai jenis dan fungsi alat pancing, salah satunya pelampung. Biasanya setiap jenis ikan yang akan Anda tangkap, harus menggunakan pelampung yang berbeda.

Pelampung pancingan adalah salah satu perangkat/alat pemancing yang berguna untuk membuat umpan pancing tidak tenggelam jauh ke bawah dasar kolam. Berbagai macam jenis ikan, berbagai macam pelampung juga untuk di pakai. Akan tetapi secara garis besar, jenis pelampung ada 2, yaitu pelampung untuk permukaan air tenang dan permukaan air mengalir.

Mengenal Jenis Dan Fungsi Pelampung Pancing

Jenis Dan Fungsi Pelampung PancingSecara fisik/bentuk jenis pelampung pancingan ada dua, yaitu pelampung yang gemuk di pangkal dan pelampung yang gemuk di ujung. Sedangkan secara kegunaan juga ada dua :

  • Pelampung Dengan Kondisi Air Yang Tenang

Berbentuk silinder pendek, silinder panjang atau silinder agak bulat di bagian pangkalnya digunakan untuk mancing di perairan yang permukaannya tenang atau relatif diam. Biasanya di setiap ujung pelampung berbentuk jarum, berguna untuk pendeteksi umpan di sentuh atau dimakan. Selain itu, dibagian ujungnya terdapat bolongan kecil/cincin kawat yang berguna sebagai ruang untuk memamukkan senar ke dalamnya.

Reaksi pelampung yang dipakai jenis ini yaitu tenggelamnya ujung lancip dan bagian pangkal terlihat mengapung setengah. Pangkal yang mengapung setengah atau penuh itu tergantung dari beratnya rakaian yang di bawah, seperti adanya pemberat yang berbagai macam ukuran, tergantung senar atau joran yang dipakai dan juga berat umpan yang digunakan.

Ada dua jenis pemberat atau aksesoris yang digunakan pada pelampung :

  1. Stopper
  2. Fosfor (Chemical Light)

Stopper yaitu benda kecil yang terbuat dari bahan karet, di tempelkan pada senar pancing. Berguna supaya pelampung bekerja dengan maksimal. Biasanya pada rangkaian pemancing, menggunakan dua stopper, di atas dan juga bawah.

Fasfor (Chemical Light) berfungsi sebagai meningkatnya sensitifitas untuk mendeteksi gerakan pelampung di malam hari, dimana umpan dimakan ikan. Fosfor ini mirip sejenis tongkat yang terbuat dari plastik dan sebelum digunakan harus di bengkokkan terlebih dulu agar muncul warna hijau bercahaya.

  • Pelampung Dengan Kondisi Air Yang Mengalir / Deras

Pelampung yang satu ini memiliki ciri – ciri sangat gampang untuk menandakannya pada permukaan air yaitu :

  1. Bagian ujung lebih gemuk dan melar dibandingkan pangkal, namun ada juga yang menyerupai jenis pelampung air tenang.
  2. Bolongan yang berfungsi sebagai masuknya senar biasanya ada di tengah – tengah yang di selipkan sebuah pipa kecil untuk memudahkan masuknya senar.

Biasanya di setiap penggunaan pelampung jenis ini selalu meletakkan stopper dan pipa kecil yang terbuat dari karet. Tujuannya agar pelampung ini berfungsi dengan baik dan tidak naik turun. Perlu di perhatikan juga, bahwa tidak semua arus air dapat digunakan pelampung. Arus yang sangat deras / terlalu deras, tentu saja pelampung ini tidak berguna, karena akan susah untuk umpan tenggelam. Untuk itu, perhatikan terlebih dulu arus air yang akan digunakan.

Mengenal jenis dan fungsi pelampung pancing di atas semoga bermanfaat untuk Anda, khususnya bagai para pemancing pemula. Dimana mengel semua jenis alat pancing sangat penting. Apalagi mengenai umpan, itu adalah hal penting yang wajib di ketahui oleh pemancing sejati. Ada berbagai macam umpan yang digunakan, contohnya umpan alami, umpan jadi, umpan harian, umpan kilo gebrus dan juga umpan galatama.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda, semoga artikel mengenai jenis dan fungsi pelampung pancing di atas bermanfaat untuk para pemancing sejati. Dari yang muda – dewasa. Salam Strike! Mancing Mania Mantap!

ยป Cara Jitu Mancing Ikan Bawal